Cara Menghentikan ASI dengan 7 Metode Mudah dan Ampuh

Cara Menghentikan ASI - Termudah.com | Bagaimana cara menghentikan asi tanpa rasa sakit? Apa saja makanan yang mengurangi asi dan makanan yang membuat asi menjadi kering? Produksi ASI pada beberapa wanita bisa saja berhenti secara alami namun pada kebanyakan wanita hal ini jarang sekali terjadi. Sebagian juga ingin mengetahui cara supaya produksi ASI bisa berhenti dengan cepat. 


Hal ini mungkin anaknya sudah besar ataupun ada masalah yang lain yang mengharuskan produksi ASI segeradihentikan. Ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membantu menghentikan produksi ASI. Berikut cara yang bisa kita lakukan supaya ASI terhenti dengan lebih cepat: 

1. Menyapih Anak Secara Bertahap

Kitabisa menghentikan produski ASI dengan cara menyapih si anak dengan cara menyusuinya satu atau dua kali sehari saja maka secara perlahan produksi ASI akan berhenti sepenuhnya. Ini adalah cara yang paling aman dilakukan. 
  • Payudara yang tiba-tiba disapih bukan secara bertahap biasanya menyebabkan nyeri, bengkak atau bahkan bisa menyebabkan mastitis.
  • Jika selama ini kita sering memompa ASI dan ingin berhenti, maka berikut jadwal yang bisa kita gunakan untuk menghentikan ASI secara perlahan-lahan:
  • Hari pertama pompa selama 5 menit setiap 4 sampai 5 jam
  • Hari kedua pompa selama 5 menit setiap 2 sampai 3 jam
  • Hari ketiga-ketujuh pompa selama diperlukan untuk mengurangi ketidaknyamanan

2. Minumlah Pereda Nyeri yang Mengandung Asetaminofen atau Ibuprofen

Cara ini dapat mengurangi ketidaknyamanan dan juga mengurangi sejumlah pembekakan 

3. Menghindari Stimulasi Putting Karena Akan Memicu Produksi ASI

Kita bisa mengenakan bra yang menyangga tetapi jangan terlalu ketat. Selain itu kita juga harus memakai pakaian yang longgar karena lebih kecil kemungkinan untuk memperlihatkan noda pada ASI. Gunakan juga bantalan payudara supaya bisa meresap ASI yang bocor. Kita juga bisa mandi dengan air hangat supaya bisa membantu menguranggi tekanan pada payudara dan untuk meredakan ketidaknyamanan. 

4. Jangan Memompa ASI karena hal ini akan memberikan sinyal pada tubuh untuk meproduksi ASI lebih banyak

Jika payudara sudah mulai terasa penuh, kita bisa memompa dengan tangan supaya bisa lebih nyaman. 

5. Banyaklah minum air putih

Jika kita dehidrasi, maka ASI akan lebih banyak jadi lebih baik mengonsumsi banyak air putih 

6. Jika kita menggunakan suntikan estrogen maka kita bisa konsultasi langsung pada dokter

Suntikan estrogen kurang efektif walaupun dulu pernah digunakan untuk mendorong supresi estrogen. Hal ini karena suntikan estrogen mengandung karsinogen. Maka jika kita mengalami masalah terus menerus mengenai penghentian laktasi, maka kita bisa langsung konsultasi ke dokter. Dokter biasanya menyarankan untuk tidak mengonsumsi Parlodel karena dapat meningkatkan kemungkinan stroke, hipertensi, mapun serangan jantung. 

7. Persiapkan Mental

Ketika produksi ASI melambat maka tingkat hormon akan berubah secara drastis. Hal ini akan memicu perubahan suasana pada hati kita. 

Demikianlah beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghentikan ASI secara perlahan. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih. 

0 Response to "Cara Menghentikan ASI dengan 7 Metode Mudah dan Ampuh"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel