Cara Menggunakan Panci Presto dengan Mudah dan Benar

Cara Menggunakan Panci Presto - Termudah.com | Dalam urusan masak memasak saat ini sangat dimudahkan dan tidak perlu menggunakan banyak cara agar daging yang anda kelola bisa empuk dan lezat saat disantap. 

Namun anda hanya perlu membeli panci presto dimana memiliki banyak manfaatnya diantaranya olahan masakan anda lebih higienis, bahkan lebih empuk dibandingkan hanya dimasak secara manual. 

Dalam penggunaan panci presto biasanya digunakan untuk olahan bandeng, daging dan banyak lainnya. 

Cara Menggunakan Panci Presto
Cara Menggunakan Panci Presto | IMG Src: https://www.ikoma.co.id
Sehingga saat anda bosan dengan olahan bandeng yang begitu saja, anda bisa membuat bandeng presto pastinya di panci presto. Bahkan cita rasa menggunakan panci presto akan terasa lezat daripada secara manual. 

Nah bagi anda yang sudah memiliki panci presto tersebut, jangan anda biarkan saja tanpa melakukan sesuatu yang berguna. 

Kebanyakan saat anda belum mengetahui cara menggunakan panci presto yang aman akan khawatir akan penggunaannya karena banyak yang mengatakan bisa meledak kalau pemakaian tidak sesuai dengan aturan. 

Cara Menggunakan Panci Presto

Nah sebelum anda memutuskan menggunakan panci presto sebagai alat untuk memasak sesuatu yang kamu suka, lebih baik pahami terlebih dahulu alat panci tersebut. 

1. Periksa alat sebelum digunakan. Panci harus bersih luar dan dalam, tak ada sisa bekas makanan atau kotoran di tepi dan tutupnya. Panci tidak penyok atau mengalami kerusakan lain. Gasket (cincin karet) harus dalam kondisi baik, pas dengan ukuran tutup, tidak ada yang retak atau rapuh. 

2. Pastikan panci terisi air. Jumlah minimum air untuk model jiggle top sekitar 1 gelas, sedangkan model katup sekitar setengah gelas (untuk memasak 20 menit) 

3. Jangan isi panci lebih dari dua per tiga besar panci untuk menghindari tekanan uap yang berlebihan saat memasak. Untuk masakan yang menghasilkan buih (kaldu), pengisian maksimum setengah dari kapasitas panci. 

4. Kecilkan api jika tekanan uap telah tercapai. 

5. Perhatikan waktu memasak dengan jenis masakannya berdasarkan grafik cooking time-nya. Jika Anda kelewatan beberapa menit saja, masakan bisa menjadi bubur lembek. 

6. Jangan membuka tutup panci sampai semua tekanan dari dalam panci dilepaskan untuk menghindari celaka. Ada dua cara yang bisa Anda pilih. Yakni, melepaskan dengan cara alami (mengangkat panci dari kompor dan membiarkannya dingin) atau dengan cara pelepasan cepat (membuka katup pengaman sampai uap habis baru membuka tutup panci). 

Catatan: Yang perlu diingat, hasil masakan bisa saja berbeda tergantung dari jenis atau merek panci presto yang digunakan.

Jadi, pastikan Anda menggunakan panci presto yang kualitasnya bagus. Jangan tergiur menggunakan panci dengan harga murah, tapi kualitasnya kurang bagus. 

Lebih baik anda membeli panci presto dengan merek yang sudah terkenal saja dan terjamin aman. Karena memasak menggunakan panci presto yang salah sasaran memang dampaknya akan fatal. 
Jadi lebih baik mahal sedikit daripada terbuang sia-sia. Demikian penjelasan mengenai panci presto yang bisa kami sampaikan. Terimakasih.

0 Response to "Cara Menggunakan Panci Presto dengan Mudah dan Benar"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel