Cara Menggunakan Jangka Sorong dengan Mudah dan Benar

Cara Menggunakan Jangka Sorong - Termudah.com | Untuk anda yang berkejuruan otomotif atau sebagainya yang belum mengetahui menggunakan jangka sorong atau yang punya jangka sorong tapi belum tau cara menggunakan nya kini saya akan jelaskan kepada anda cara agar bisa menggunakan jangka sorong dengan benar. 

Jangka sorong sering digunakan untuk memeriksa fisik komponen,seperti diameter dalam,diameter luar, panjang, dan kedalaman pada saat perbaikan komponen kendaraan, misalnya pada sistem sasis dan pemindah daya kendaraan. 

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Sebelum menggunakan jangka sorong,jangka sorng harus di kalibrasi terlebih dahulu.kalibrasi merupakan pengembalian suatu alat ukur pada keadaan standard atau menempatkan skala alat ukur pada kendaraan standard atau menempatkan skala alat ukur pada posisi “0".

Langkah mengkalibrasi jangka sorong yang benar adalah melonggarkan baut pengunci jangka sorong,menggeser rahang geser sehingga berhimpit dengan rahang tetap.

Cara Menggunakan Jangka Sorong

Ada beberapa teknik pengukuran dengan menggunakan jangka sorong,anatra lain sebagai berikut: 

𝕬. Pengukuran Diameter Luar

Suatu komponen dilakukan dengan menggunakan rahang bawah jangka sorong.langkah pengukuran diameter luar adalah sebagai berikut: 
  • 1. Melakukan kalibrasi pada jangka sorong.
  • 2. Membersihkan permukaan benda dan rahang jangka sorong agar tidak ada debu atau kotoran yang menyebabkan kesalahan pengukuran.
  • 3. Meletakkan komponen yang di ukur pada rahang diameter luar. Memastikan komponen terpasang sedekat mungkin dengan skala utama.
  • 4. Menutup rahang dan memastikan posisi benda tegak lurus dengan angka sorong kemudian,mengencangkan baut pengunci untuk mengunci hasil penguci hasil pengukuran
  • 5. Cara membaca hasil pengukuran hasil pengukuran satuan metrik adalah melihat angka yang ditunjukan skala utama (SU). Kemudian untuk hasil pengukuran yang angka decimal dapat melihat skala nonius (SN). Dan jumlahkanlah hasil pengukuran pada skala utama dan skala nonius.jumlahkanlah hasil pengukuran pada skala utama dan skala nonius.
  • 6. Cara pembacaan hasil ukuran dalam satuan british dapat dilihat pada skala yang terdapat dibagian atas jangka sorong.adapun pembacaan hasil ukuran dengan satuan inchi

𝕭. Pengukuran Diameter Dalam 

Suatu komponen dilakukan dengan mengunakan rahang atas jangka jangka sorong.Langkah pengukurannya hampir sama seperti pengukuran diameter luar. 

Langkah pengukuran diameter dalam adalah sebagai berikut: 
  • 1. Letakkan rahang pengkur diameter dalam lubang yang akan di ukur.
  • 2. Tariklah rahang pengukur diameter dalam lubang.pastyikan posisi benda tegak lurus dengan jangka sorong letak benda yang miring dapat menyebabkan kesalahan pengukuran.kemudian kencangnya baut pengunci untuk mengunci hasil ukuran.
  • 3. Setelah itu, bacalah hasil pengukur dimeter dalamnya sama seperti prosedur pada saat mengukur diameter luar

𝕮. Pengukuran Kedalaman

Digunakan untuk mengukur kedalaman keling pada kampas kopling,keausan pegas diafragma dan lain-lain.langkah pengukuran kedalaman,antara lain sebagai berikut. 
  • 1. Tempatkanlah engukur kedalaman diameter pad lubang komponen yang akan di ukur kedalamannya.
  • 2. Tekanlah jangka sorong sampai menyentuh batas atas komponen,pastikan jangka sorong tegak lurus dengan komponen yang diukur.
  • 3. Setelah itu,bacalah hasil pengukuran.
Dan begitu cara menggunakan jangka sorong bagi anda yang belum tau atau belum bisa menggunakan jangka sorong yang pasti anda harus mempunyai jangka sorong. 

Akan tetapi kalo pinjam juga gapapa dan mungkin cukup mudah untuk cara menggunakan tinggal mengamati saja angka yang ada dijangka sorong dan saya pikir cukup untuk cara menggunakan jangka sorong oke Terimakasih.

0 Response to "Cara Menggunakan Jangka Sorong dengan Mudah dan Benar"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel