Cara Menggunakan E-Toll di GTO dengan Mudah dan Benar

Cara Menggunakan E-Toll - Termudah.com | Sekarang di tol sudah tidak memakai uang lagi.Ya melainkan menggunakan kartu yang biasa di sebut dengan E toll.Bagi anda belum mengetahui cara menggunakan e-Toll saya akan kasih tau bagaimana menggunakan e-tol yang benar. 

Ada sebagian konsumen yang ternyata keliru saat menggunakan e-toll nya, alhasil mesin tak bisa membaca kartu dengan baik.

Kadang mungkin karena terburu-buru, si pengguna kartu e-toll asal nempel kartu aja ke mesinnya atau bahkan seperti digosok-gosok ke mesinnya atau kartu ditempel dilepas lalu ditempel lagi. 

Tahukah anda jika hal itu tidak benar dan membuat mesin jadi tak bisa membaca kartu anda. Perlu diketahui pula bahwa di Indonesia terdapat dua sistem jalan tol yakni terbuka dan tertutup. 

Cara Menggunakan E-Toll

Sistem terbuka artinya pengendara langsung membayar saat masuk ke gerbang tol, sedangkan sistem tertutup yakni pengguna jalan mengambil tiket di gerbang tol masuk dan membayar di gerbang keluar. 

Cara Menggunakan E-Toll

Untuk yang masih bingung cara menggunakan e-Toll : 

1. Pada gardu masuk tol (entry), tempelkan kartu e-Toll anda di mesin pembaca (reader) yang disediakan 

2. Setelah muncul informasi e-Toll pada display kemudian automatic lane barier (ALB) atau pintu palang akan terbuka. Tarik kembali kartu e-Toll dari mesin pembaca 

3. Simpan kembali kartu dengan baik agar mudah saat melakukan transaksi di pintu keluar 

4. Di pintu keluar, serahkan kartu e-Toll pada petugas untuk membantu transaksi dan akan mengembalikan kartu beserta bukti transaksi. 

Perhatian, jangan mengambil Kartu Tanda Masuk Elektronik (KTME) karena akan menggagalkan transaksi pada kartu e-toll, dan Anda harus membayar tunai di gardu keluar. 

Cara Jika Saldo e-Toll Habis:

Jika saldo kartu anda habis, anda bisa melakukan isi ulang atau top up di atm atau di minimarket seperti Alfamart atau Indomaret biasanya dikenakan biaya Rp 1.000. 

Isi ulang di gardu toll juga bisa tapi sayang tidak semua gardu melayani jasa isi ulang, hanya gardu-gardu tertentu yang ada tulisan “Isi ulang e-money disini” besarannya dari Rp 50 ribu hingga Rp 300 ribu. 

Penggunaan kartu sudah benar, saldo juga mencukupi kok mesin masih saja gak mau baca alias transaksi gagal. Wah jangan-jangan mesinnya rusak nih ? weladalah kujur tenan ki ! Tambah bikin macet donk ! 

Kata jasa marga sih di setiap gardu dipastikan ada petugas yang selalu stand by siap memnabtu anda jika sewaktu-waktu mesin rusak.

Seharusnya pihak terkait entah itu pihak Bank atau pemerintah dalam hal ini jasa marga ya harus mempersiapkan alat-alat pendukung program e-toll ini dengan baik. 

Kondisi mesin harus fit setiap hari dan itu harus dipastikan 100 % mesin yang digunakan e-Toll bekerja dengan baik. 

Jadi begitulah caranya menggunakan kartu e-Toll bagi anda yang belum bisa menggunakannya simak yang saya kasih tau di atas.

Kalo anda belum faham juga anda bisa Tanya petugas yang menjaga gardu e-Toll tersebut.Oke sekian dari saya terimakasih.

0 Response to "Cara Menggunakan E-Toll di GTO dengan Mudah dan Benar"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel