Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan 2 Metode Mudah

Cara Membatasi Pengguna WiFi - Termudah.com | Merasa jengkel wifi lemot karna pengguna wifi yang terlalu banyak? Batasi segera! Bagaimana caranya membatasi pengguna wifi? Sekarang sudah banyak orang-orang mempunyai wifi di rumah maupun di toko dan warung kopi. Ya memang tidak di hiraukan lagi yang sudah punya wifi di rumah bisa nonton apa saja yang ingin dia tonton. 

IMG Src: https://www.techmobis.com
Tapi bagi anda yang sering wifinya di bobol atau di sadap tenang saja saya kasih solusi untuk anda yang wifinya tidak memakai password.Saya sarankan batasi wifi anda biar tidak ada orang yang bisa sadap wifi anda. Dengan menggunakan cara membatasi penggunaan Wifi ini juga berguna untuk menangkal perangkat lain ikut masuk ke dalam jaringan internet Wifi Anda. 

Nah, Anda bisa langsung simak tutorial berikut ini untuk cara membatasi penggunaan Wifi agar sinyal Wifi tetap kuat dan steady. Stay tune, ya! 

Cara Membatasi Penggunaan WiFi

Wifi lemot dikarenakan banyaknya pengguna yang gabung. Untuk itu, mari batasi pengguna wifi agar tak lemot lagi.

1. Menggunakan NetLimiter

  • Pertama, tentu saja Anda harus memiliki software-nya terlebih dahulu dan install pada PC / laptop Anda, bisa unduh aplikasinya di sini.
  • Setelahnya, Anda bisa langsung buka aplikasi NetLimiter dan Anda bisa melihat daftar proses aplikasi yang sedang berjalan pada laptop / PC. Di sini juga, Anda bisa lihat proses aplikasi yang melibatkan internet, apakah ada perangkat atau aplikasi yang menyedot internet terlalu banyak atau tidak.
  • Lalu, untuk membatasi kecepatan internet, Anda bisa checklist pada bagian download limit (DL) dan upload limit (UL). Jangan lupa untuk klik KB/s, secara otomatis akan muncul RuleEditor.
  • Selanjutnya, Anda ubah angka pada bagian Value > Limit dengan batasan angka yang ingin Anda batasi.
  • Terakhir, bisa langsung klik save. Mudah dan sangat simpel, kan?

2. Fitur Bandwidth Management pada Router

  • Langkah awal, Anda bisa membuka web browser di PC / latop dengan mengetikan IP Address Router pada bagian Address Bar Browser. Untuk IP Address-nya, Anda bisa cek buku panduan router yang Anda miliki.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung mengetikkan username dan password administrator. Jika Anda tidak mengetahui username dan password-nya, Anda bisa cek di buku panduan router.
  • Setelah itu, Anda akan masuk ke panel router control. Selanjutnya, Anda bisa langsung klik Bandwidth Control > Control Setting pada menu.
  • Kemudian, Anda bisa langsung klik Bandwidth Control > Rules List > New.
  • Nah, kini Anda bisa langsung memasukkan atau mengetikkan IP Address yang ingin Anda batasi kecepatan internet Wifi-nya.
  • Untuk membatasi hanya 1 IP Address (satu perangkat) saja, Anda bisa pilih Single IP. Namun, jika ada lebih dari satu IP Address yang ingin Anda batasi, maka pilihlah Range IP.
  • Kemudian, Anda bisa mengatur kecepatan maksimal untuk upload melalui Port WAN dengan memilih Egress Bandwidth. Sedangkan untuk mengatur kecepatan download, Anda bisa memilih Ingress Bandwidth.
  • Langkah terakhir, Anda bisa langsung beri tanda checklist untuk opsi Enable, hal ini menandakan bahwa pengaturan Anda akan diaktifkan. Lalu, Anda bisa langsung klik Save.
Nah begitulah caranya untuk membatasi wifi anda. Anda bisa simak penjelasan saya diatas semoga anda faham dan bermanfaat. Sekian dari saya terimakasih.

Kamu harus tau juga:

🔁 Cara Membatasi Jumlah Pengguna WiFi
🔁 Cara Menggunakan Wifi Wps Wpa Tester
🔁 Cara Menggunakan Wifi Warden
🔁 Cara Menggunakan Wifi Map

0 Response to "Cara Membatasi Pengguna WiFi dengan 2 Metode Mudah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel