Cara Membagi Partisi Hardisk dengan 13 Metode Mudah

Cara Membagi Partisi Hardisk - Termudah.com | Bagaimana cara membagi partisi hardisk eksternal saat install ulang windows 10? Harddisk merupakan device untuk penyimpanan data yang ada di sebuah komputer. Harddisk biasanya berbentuk kotak dan terdapat beberapa piringan tempat data-data yang tersimpan didalamnya. Harddisk memiliki sifat menyimpan data secara paten walaupun laptop atau komputer kita matikan sehingga data-data yang kita simpan akan tetap ada kecuali jika kita menghapusnya secara manual atau jika harddisk terkena virus maka data-data yang telah kita simpan juga akan ikut hilang.


Harddisk memiliki fungsi sebagai alat untuk menyimpan data secara permanen ke dalam sector-sector yang ada pada disk dan telah tersedia didalamnya untuk dibaca ataupun ditulis. Oleh karena itu maka peranan harddisk memang sangat vital karena dapat menyimpan data yang telah di proses.

Sebelum dapat digunakan, harddisk harus terlebih dahulu di partisi sesuai dengan format sistem yang telah digunakan. Kita sering kali lupa untuk membagi partisi harddisk saat kita menginstal sistem operasi baru pada komputer kita.

Cara Membagi Partisi Hardisk

Jadi kita juga harus mengetahui bagaimana cara untuk membagi partisi pada harddisk di windows tanpa harus menggunakan software tambahan. Caranya adalah sebagai berikut :

1. Disini saya memiliki harddisk dengan ukuran 500GB dengan memiliki 2 partisi yaitu 120GB di Drive C dan 380GB di drive D. Dan saya akan membagi Drive saya menjadi 2 partisi yaitu sebesar 330GB dan 50GB.
2. Langkah pertama kita harus masuk ke dalam device manager dengan mengklik kanan pada My Computer/ this PC, lalu kita pilih Manage.
3. Saat langkah kedua selesai maka kita bisa masuk ke dalam Disk Management
4. Kemudian klik kanan pada Drive D lalu kita pilih Shrink Volume
5. Kita bisa langsung memasukkan besaran partisi yang akan kita bagi misalnya kita bagi 50GB berarti kita ketikkan saja 50000 lalu setelah itu klik shrink
6. Saat itu kita bisa menunggu proses repartisi selesai dan setelah selesai maka alokasi harddisk baru akan segera muncul
7. Setelah itu buat partisi baru dengan cara kita klik kanan pada alokasi hard disk yang belum kita partisi lalu klik dan pilih saja New Simple Volume
8. Cara selanjutnya kita masukkan volume hard disk lalu kita bisa klik next untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya
9. Pilih saja drive letter yang kita inginkan lalu klik next lagi
10. Pilih Drive Letter yang kita inginkan lalu klik next
11. Kita bisa melakukan format pada partisi yang baru kita buat
12. Kemudian kita bisa menunggu sampai proses format telah selesai
13. Finally, partisi baru akan segera muncul dan kita bisa mengguakannya.

Begitulah cara mudah dalam melakukan pembagian partisi hard disk yang bisa kita lakukan pada komputer maupun laptop kita. Semoga informasi ini bermanfaat. Terima kasih. Jangan lupa membaca artikel yang lain di blog ini untuk menambah wawasanmu.

0 Response to "Cara Membagi Partisi Hardisk dengan 13 Metode Mudah"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel