Cara Bagi Hasil Pemodal dan Pengelola dengan Mudah

Advertisement
Cara Bagi Hasil Pemodal dan Pengelola - Termudah.com | Jika kita memiliki usaha pastinya kita harus memiliki modal yang kita gunakan untuk menjalankan usaha kita. Apabila kita usaha dengan cara bekerja sama dengan orang lain kita juga harus membagi hasil keuntungan yang didapat dari usaha tersebut. Misalnya kita memiliki modal untuk membangun sebuah usaha namun kita tidak memiliki waktu untuk mengelolanya, jadi kita mencari orang yang mau mengelola usaha yang akan kita buat. Oleh karena itu, kita juga harus membagi hasil usaha kepada pengelola usaha yang kita buat tersebut dengan modal kita.


Biasanya sebelum melakukan usaha yang bekerja sama dengan pengelola, kita juga harus punya kesepakatan sendiri mengenai pembagian hasil dari usaha tersebut. Namun sebagian orang masih bingung untuk membagi hasil usaha untuk pengelola dan pemodal usaha. Disini kita akan membahas tentang bagaimana cara bagi hasil pemodal dan pengelola sebuah usaha. Kebanyakan orang sering menimbulkan masalah dari segi bagi hasil dalam usahanya.

Pasalnya disatu sisi pemodal merasa bahwa dialah yang paling berjasa dalam mengembangkan usaha tersebut, karena tanpa modal dari dirinya usaha itu tidak akan pernah ada. Namun, disisi lain, pengelola merasa dialah yang paling berjasa dalam mengembangkan usaha tersebut karena dia yang berperan penting dalam memajukan usaha sedangkan pemodal tinggal duduk manis serta mendapatkan hasil.

Besarnya hasil biasanya telah disepakati kedua belah pihak sebelum melakukan usaha dan tidak ada rumusnya harus berapa persen untuk salah satu pihak. Besaran pembagian hasil tergantung kesepakatan bersama. Antara pengelola dan pemodal atau investor harus memiliki kesadaran diri dalam menjalankan usaha tersebut. Mereka harus mengerti bagaimana mereka harus membagi hasil dari usaha tersebut.

Jadi, pembagian hasil tergantung kesepakatan sebelumnya. Untuk menghindari adanya penyelewengan di kemudian hari maka sebelum usaha tersebut dijalankan, harus ada kesepakatan tentang bagi hasil berapa persen hasil akan diperoleh pengelola dan berapa persen hasil harus diterima pemodal atau investor. Kesepakatan tersebut bisa atas dasar kekeluargaan atau saling percaya. Apabila masih ragu adanya ketidak adilan dikemudian hari maka antara pemodal dan pengelola bisa membuat surat pernyataan di atas materai mengenai pembagian hasil.

Demikian penjelasan singkat tentang pembagian hasil untuk pengelola maupun untuk pemodal atau investor. Dengan kesimpulan, harus ada kesepakatan sebelumnya supaya bisa sama-sama untung dan kedua belah pihak tidak merasa rugi. Apabila masih ragu bisa membuat surat pernyataan yang isinya tentang pembagian hasil usaha antara pemodal dan pengelola dan ditanda tangani keduanya di atas materai. Hal ini justru lebih baik karena untuk menghindari ketidak adilan tentang pembagian hasil usaha di kemudian hari.

Semoga informasi cara menghitung bagi hasil usaha tiap bulan ini bermanfaat bagi anda yang akan merintis usaha sebagai pengelola maupun pemodal. Terima kasih.
Advertisement
Cara Bagi Hasil Pemodal dan Pengelola dengan Mudah | Lina Putri | 5

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak.